Cara Sukses Bisnis Seorang Milyarder

Untuk menjadi sukses juga diperlukan keberanian. Berani adalah modal awal yang dibutuhkan untuk menjadi pengusaha sukses.
Untuk sukses buanglah rasa takut Anda. Ada tulisan menarik dari Rhenald Kasali tentang rasa takut. Berikut penggalan tulisannya :

Ketakutan sebenarnya merupakan anugerah Tuhan. Karena adanya anugerah itu, kita akan buru-buru menghindar jika ketemu macan saat kita lagi berkemah di hutan. Tetapi, seringkali muncul ketakutan yang tidak proporsional. Gara-gara memiliki ijazah sarjana, misalnya, seseorang menjadi takut memulai usaha di bidang-bidang yang dianggap tak selevel dengan tingkat pendidikannya. Atau, gara-gara bapaknya seorang walikota, anaknya lantas tak mau berusaha di bidang yang kurang bergengsi. Lantaran ketakutan gengsinya bakal jatuh, orang-orang yang berpendidikan tinggi atau keluarga menak akhirnya malah disalip oleh "orang-
orang biasa" yang punya keberanian untuk memulai bisnis. Ketakutan jenis kedua ini tentu saja bukan merupakan anugerah, melainkan sebuah penghalang untuk melangkah maju.

Ada sebuah buku menarik yang mengulas soal ketakutan tak beralasan seperti itu. Judulnya, Fight Your Fear and Win. Dalam buku ini disebutkan bahwa orang-orang yang mampu mengalahkan ketakutannya akan memiliki keyakinan kuat untuk melangkah. Adanya keyakinan ini merupakan modal paling utama sebelum memulai sesuatu. Hal penting yang kedua adalah energi. Buku itu menyatakan, semua orang memiliki energi untuk maju. Energi yang dimaksud di sini tentu bukan
berbentuk kalori, melainkan berupa ambisi dan keinginan untuk mengukir sukses. Namun, energi itu tak akan menghasilkan apa-apa jika seseorang tak mau berusaha mewujudkan (yang dalam buku itu disebut sebagai attitude.

Seberapa pun besarnya ambisi seseorang tak akan menghasilkan apa-apa jika tak diikuti dengan tindakan yang nyata untuk mewujudkannya. Dengan kata lain, ambisi dan upaya untuk mewujudkannya harus merupakan satu kesatuan dan berjalan bersama-sama. Seseorang harusmemiliki energi dan attitude yang sama baiknya. Energi rendah tapi attitude buruk hanya akan melahirkan seorang yang selalu kelihatan panik tapi tak pernah berbuat apa-apa.

Yang menarik, menurut buku itu, besarnya energi itu ternyata juga terkait dengan umur seseorang. Ketika umur masih muda, orang memiliki optimal energy. Energi itu secara perlahan akan berubah menjadi performance energy saat umur mulai menapak usia dewasa. Boleh dibilang, manusia bisa melakukan apa saja saat masih memiliki optimal energy. Ada baiknya, orang mencari potensi yang ada dalam dirinya pasa saat optimal energy masih ada dalam dirinya. Jika potensi itu sudah ditemukan, dia bisa mengelolanya dengan baik dengan memanfaatkan performance energy.

0 Komentar untuk "Cara Sukses Bisnis Seorang Milyarder"

Silahkan Komentar&tanya jawab sesama pengunjung dengan bahasa yang sopan dan bermanfaat. Jika komentar yang Anda Tuliskan, menurut saya tidak berkaitan dengan artikel diatas atau tidak termasuk kebijakan dan peraturan, tanpa konfirmasi akan dihapus. Untuk kenyamanan dan kelangsungan perkembangan BLOG ini agar sekiranya memberikan saran dan kesan yang baik agar penulis lebih bersemangat.
Silahkan di Share ke berbagai media jika Tulisan di blog ini bermanfaat...

Terima kasih, Salam SCBN

Back To Top